Selasa, 16 Juni 2009

Super Great Memory

Judul Buku : Super Great Memory
Penulis : Irwan Widiatmoko
Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
Juli 2008
272 Halaman
140 x 210 mm
Kategori : Pengembangan Diri



Pada dasarnya otak manusia itu merupakan mesin pengingat, hanya saja hal tersebut tergantung masing-masing orang untuk memanfaatkannya. Banyak sekali kita temukan kasus penurunan nilai hasil ujian, karena banyak yang bernaggapan bahwa otak sudak tidak kuat untuk menampung informasi dan hafalan. Anggapan ini dapat kita hilangkan, bila kita membaca buku Super Great Memory.
Buku yang ditulis oleh Irwan Widiatmoko (Pemegang Rekor Pertama Daya Ingat MURI) ini membahas otak dan cara-cara mengoptimalkannya karena sesungguhnya daya ingat kita sangatlah luar biasa. Apabila 10 informasi kita masukkan kedalam otak kita setiap detiknya selama 100 tahun, otak kita belum terisi separuhnya.
Setelah dilakukan ujicoba, daya ingat manusia dapat dilatoih dan dikembangkan. Daya ingat manusia jauh lebih fantastis daripada yang dialaminya. Hanya pengembangannya yang kurang dan tidak konsisten dalam menjaga daya ingat itu, sehingga menyebabkan penyakit lupa yang selalu menghantui manusia. Dapat kita temukan pula kenyataannya, banyak orang yang merasa daya ingatnya kurang atau lemah. Ini disebabkan belum menemukan teknik dan cara yang tepat untuk mengingat informasi-informasi yang dibutuhkan.
Otak manusia akan optimal jika otak kanan dan kirinya seimbang. Sedangkan manusia pada umumnya, khususnya di Indonesia lebih cenderung menggunakan otak kiri saja, terutama dalam mengingat. Ini sesuai dengan penelitian di Habibie Center bahwa hanya 3 % masyarakat Indonesia yang mengikutkan otak kanannya dalam berpikir..
Buku ini sangatlah pantas untuk kita miliki. Karena, selain menawarkan cara-cara sederhana dalam mengingat sehingga daya ingat kita mampu meningkat pesat dalam waktu singkat. Buku ini juga menarik karena disusun dengan cara yang unik, yaitu dengan membuat halaman yang tidak langsung menyambung bagian kiri dan kanannya. Tapi, dibagian kanan adalah pembahasan buku sedangkan dibagian kiri berisi artikel, cerita singkat, tebakkan, tips, lelucon hingga puisi-puisi ringan. Sehingga pembaca tidak akan merasakan bosan untuk cepat menyelesaikan buku setebal 272 halaman ini.
Buku ini merupakan cetakan ke-2, sebagai penyempurnaan dan lanjutan dari buku Super Genius Memory. Super Great Memory juga membahas trik-trik yang diberikan secara langsung dengan latihan-latihan sederhana untuk mempraktekkan trik yang telah dibahas. Bahasa yang digunakan cukup ringan dan tidak kaku sehingga menambah point untuk menjadi buku favorit.